Rekomendasi Wisata Alam Bangka Belitung yang Menawan

Rekomendasi wisata alam bangka belitung yang menawan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung ini letaknya di bagian timur Pulau Sumatera. Ratusan pulau di Kepulauan Bangka Belitung memang belum semua memiliki nama. Hanya ada 50 pulau yang berpenghuni dari 470 pulau yang sudah di beri nama.

Seperti wilayah Indonesia pada umumnya, Bangka Belitung memiliki iklim tropis dengan suhu terendah rata-rata 24,9 derajat C dan suhu tertinggi rata-rata 29,9 derajat C. Pastikan sobat tiket membawa pakaian yang cocok untuk suhu di sana ya.

Wisata Alam Bangka Belitung yang Menawan

Berikut adalah rekomendasi wisata alam bangka belitung yang menawan dan wajib kalian kunjungi saat kalian berkunjung kesana.

1. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk terletak di Bangka bagian utara, tepatnya di daerah Belinyu. Belinyu berjarak sekitar 90 km dari kota Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Bangka Belitung. Pantai ini memiliki panorama yang super indah lho sobat tiket!

Saat memasuki kawasan Pantai Penyusuk, dari kejauhan sobat tiket sudah dapat menikmati hamparan birunya laut, di antara pohon kelapa dan ilalang yang tumbuh liar di lapangan landai yang memisahkan antara badan jalan dengan Pantai Penyusuk. Setelah melewati jalan yang menurun, sobat tiket akan semakin terpesona melihat tumpukan batu granit di kanan kirinya sehingga membentuk sebuah ceruk, berpadu dengan hijaunya pepohonan di pesisir pantai dengan pasir putih dan jernihnya laut.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Puluhan batu granit raksasa tertata cantik membentuk seperti kepala burung garuda. Tak heran jika di jadikan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi karena keindahannya yang luar biasa. Sobat tiket bisa menempuh perjalanan sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan untuk mencapai lokasi Batu Garuda.

Pantai Tanjung Kelayang yang merupakan lokasi Batu Garuda di tetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pada tanggal 15 Maret 2016 dengan kegiatan utama di bidang pariwisata. Nama Pantai Tanjung Kelayang di sematkan pada pantai ini karena terdapat banyak burung kelayang di sekitar pantai. Sobat tiket juga bisa menikmati sensasi mengelilingi pulau sekitar dengan menyewa perahu nelayan.

Kalau kamu ingin bermalam di kawasan Pantai Tanjung Kelayang tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa penginapan. Tak hanya itu, sobat tiket bisa menghadiri Festival Tanjung Kelayang yang meliputi festival kuliner khas hasil laut, festival layang-layang, Bangka Belitung Fashion Carnival, dan banyak acara menarik lainnya. Kosongkan jadwalmu untuk acara seru ini ya sobat tiket.

3. Pantai Lengkuas

Terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Perjalanan menuju Pulau Lengkuas bisa di tempuh dengan cara menyewa perahu nelayan. Lama perjalanan sekitar 20 menit dari Tanjung Kelayang dan selama sekitar 30-45 menit dari Tanjung Bunga atau Tanjung Tinggi.

Mercusuar tua yang di bangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882 berdiri kokoh di Pulau Lengkuas. Hal ini menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan. Meski usianya lebih dari 150 tahun, Mercusuar Pulau Lengkuas masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang berada di sekitar Pulau Belitung.

Pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Lengkuas tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Sobat tiket juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Tentunya tetap jaga laut Indonesia dengan tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke laut ya sobat tiket.

4. Pantai Romodong

Di kota Belinyu terdapat dua pantai yang sama-sama cantik, selain Pantai Penyusuk masih ada Pantai Romodong yang harus sobat tiket kunjungi saat berada di Belinyu, Bangka.  Dan Pantai Romodong terdapat dua batu granit setinggi 10 meter yang mengapit jalan masuk menuju Pantai Romodong, bak gapura yang menyambut para pengunjungnya.

Di Pantai Romodong juga ada sebuah batu raksasa yang disebut Batu Kodok lantaran bentuknya mirip kodok dan ada pohon kelapa bercabang dua. Pantai Romodong berpasir putih dan memiliki air yang jernih serta tidak bergelombang lho, sobat tiket. Tak ayal pantai yang satu ini menjadi tempat bermain yang mengasyikan dan aman tentunya bagi pengunjung dan anak-anak.

5. Pantai Parai Tenggiri

Gugusan batu karang berukuran besar di tambah putihnya pasir membuat sobat tiket tak ingin segera beranjak dari pesona pantai Bangka Belitung yang satu ini. Sebuah surga tersembunyi yang terletak di Desa Sinar Biru, Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka Belitung. Kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil menjadikan Pantai Parai Tenggiri destinasi andalan di Bangka Belitung.

Pengelola juga telah menyiapkan penyewaan perahu pancing, banana boat, alat selam, serta sudah tersedia beberapa penginapan dan hotel berbintang empat. Selain itu, kawasan pantai ini di tetapkan sebagai wisata hijau karena sangat pedulinya pengelola terhadap pencemaran yang sering terjadi di pantai. Tidak perlu heran jika banyak pohon tertata asri di kawasan pantai ini.

Primadona pantai di Bangka Belitung ini termasuk dalam daftar pantai termahal dan tercantik di deretan timur Pulau Bangka. Tentunya terbayar lunas dengan keindahan alam yang menawan. Sudah siap menikmati keindahan terumbu karang di dalam laut yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan? Pastikan Pantai Parai Tenggiri ada di daftar destinasi liburanmu.

6. Danau Kaolin

Tidak hanya pantai yang menawan di Bangka Belitung juga terdapat sebuah danau yang indah lho sobat tiket. Danau Kaolin terkenal dengan air danau berwarna biru terang ini kontras dengan pemandangan sekitar yang putih bersih. Eksploitasi besar-besaran yang terjadi di Desa Air Raya Tanjungpandan membentuk Danau Kaolin yang kini menjadi salah satu destinasi wisata wajib bagi wisatawan.

Kaolin, sejenis mineral tanah liat yang menjadi salah satu bahan untuk pembuatan kain, kertas, pasta gigi, hingga kosmetik. Nama danau ini memang berasal dari kaolin karena Danau Kaolin adalah saksi bisu bukti kekayaan Bangka Belitung akan kekayaan mineral kaolin. Pastikan kamu mengabadikan setiap momen saat berkunjung ke Danau Kaolin.

7. Danau Open Pit

Danau dengan kedalaman 30-50 meter ini salah satu bukti kekayaan alam Belitung. Dan Danau Open Pit juga merupakan salah satu bekas penggalian tambang di Belitung yang kemudian menjadi pemandangan cantik nan menawan.

Warna air di Danau Open Pit yang menyegarkan sangat menarik untuk digunakan berenang. Sayangnya, air di danau ini mengandung senyawa kimia yang belum di teliti apakah cocok dengan tubuh manusia. Selain itu, tanah yang berada di sekeliling danau sangat lembut sehingga baiknya sobat tiket cukup melihat Danau Open Pit dari jarak jauh untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Danau dengan air berwarna biru kehijauan di kelilingi batuan cadas yang di hiasi hijaunya pepohonan dan rerumputan menampilkan pemandangan begitu alami dan menenangkan. Segala penat dan lelah terbayar lunas saat mengunjungi Danau Open Pit.

Nah, artikel di atas telah merangkum tentang rekomendasi wisata alam bangka belitung yang menawan dan wajib kalian kunjungi saat kalian berlibur kesana.

Open chat
1
ADMIN AKDWEBS
Halo,
Saya Layanan Posting Tamu
Saya Memiliki 600 Situs
Status : Terindeks Semua
DA bagus : 40-60
Kategori Nice I yang Berbeda
Umpan Tetes Diizinkan
Saya dapat mempublikasikan secara instan
secepat mungkin

Layanan saya:
1. Saya akan mengerjakan pesanan Anda maksimal 1X24 jam, jika pada saat itu saya sedang online. Saya akan melakukannya maksimal 1 jam dan prosesnya selesai.
2. Jika ada diantara kalian yang orderannya tidak terselesaikan maksimal 1x24 jam, kalian tidak perlu membayarku, alias gratis.
3. Kalau weekend biasanya saya online, kalau weekend kalau saya tidak online berarti saya kerja hari senin.
4. Untuk pembayaran, maksimal dibayarkan satu hari setelah link live dipublikasikan.
5. Pembayaran melalui rekening paypal
Jika Anda tertarik, silakan balas
Terima kasih
Salam,
AKDSEO